Email
ft@unpak.ac.id
Telepon
0251-8312206

Webinar Himpunan Mahasiswa Sipil Universitas Pakuan 2020

FTEKNIK, UNPAK – Webinar dengan Tema “Development of Innovasion in Precast Concrete”dilaksanakan pada hari Senin, 21 Desember 2020 secara daring ini merupakan acara yang membahas mengenai perkembangan inovasi teknologi beton precast.Webinar yang diselenggarakan olehHimpunan Mahasiswa Sipil Universitas Pakuan bertujuan untuk menambah wawasan mengenai ilmu keteknik sipilan terutama teknologi beton pracetak meskipun terbatas pada kondisi pandemic seperti saat ini.

Sistem beton pracetak merupakan metode konstruksi yang mampu menjawab kebutuhan industri konstruksi dewasa ini. Pada dasarnya sistem ini melakukan pengecoran komponen di tempat khusus secara fabrikasi, lalu dibawa ke lokasi untuk disusun menjadi suatu struktur utuh.

Keunggulan sistem ini antara lain mutu yang terjamin, produksi cepat dan massal, pembangunan yang cepat, ramah lingkungan dan rapi dengan kualitas produk yang baik. Aplikasi beton pracetak telah banyak dilakukan di berbagai negara. Namun demikian tingkat penyerapan teknologi ini masih bervariasi.

Di negara Amerika sendiri misalnya, implementasi teknologi ini tergolong cukup rendah dan terbatas. Hal ini disebabkan karena rendahnya sumber daya manusia untuk melakukan perancangan serta pengelolaan proyek.

Beton Precast atau dikenal dalam bahasa sehari-hari sebagai beton pracetakmerupakan beton hasil produksi atau pabrikasi yang dibuat di pabrik secara khusus menggunakan cetakan press beton (moulding) dengan ukuran yang telah ditentukan dan disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi proyek konstruksi.

Jenis beton inidiharapkan menghasilkan beton yang berkekuatan tinggi. Jenis beton pracetak telah banyak di aplikasikan pada industri konstruksi Indonesia tentu atas beberapa alasan

Karakteristik beton konvensional dengan waktu pelaksanaan yang lama dan kurang bersih, kontrol kualitas yang sulit ditingkatkan serta bahan-bahan dasar cetakan berupa kayu dan triplek yang semakin lama semakin mahal dan langka menjadi pertimbangan khusus mengapa beton pracetak diminati di industri konstruksi di Indonesia.

Hal ini juga dapat dimaklumikarena bahan pembentuk beton pracetak mudah didapatkan, tahan lama, mudah dibentuk dan harganya relatif terjangkau.

Webinar yang bertemakan “Development of innovasion in precast concrete” menghadirkan 3 (tiga) Narasumber dengan 3 (tiga) subtema diantaranya :

Sub tema 1 mengenai “Pengenalan beton precast bagian Gedung” oleh Bapak Dr. Ir. Hari Nurjaman MT. KETUA UMUM IAPPI (Ikatan Ahli Pracetak & Prategang Indonesia).

Sub tema 2 mengenai “Pengenalan beton precast bagian infrastruktur” oleh Bapak Sidiq Purnomo, S.T. (Direktur Teknik dan Produksi PT. Wijaya Karya Beton).

Sub tema 3 mengenai “Penerapan beton precast dibagian jalan layang” oleh Bapak Doni Eko Purnomo,S.T.(Direktur Operasional di PT Tensindo Kreasi Nusantara).

Berlaku sebagai Moderator acara adalah Ibu Lia Amelia Megawati, MT.Dosen Fakultas Teknik Universitas Pakuan dan Opening Speech oleh Bapak Ir. Budi Arief, MT selaku Ketua Program Studi Teknik Sipil Universitas Pakuan.

Webinar ini diharapkan menjadi media diskusi, edukasi dan inspirasi mengenai pengembangan teknologi bahan dalam industri konstruksi sehingga dapat mewujudkan pembangungan yang berkelanjutan.

Webinar berlangsung dengan lancar dengan jumlah peserta sekitar 400 orang dari berbagai kalangan baik praktisi, akademisi dan mahasiswa di seluruh Indonesia. 

© Fakultas Teknik Universitas Pakuan
Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143