Kamis, 14 Desember 2017
Selamat Datang di Website Fakultas Teknik Univesitas Pakuan. Tahun Akademik 2017/2018 
Sejarah

Sejarah berdirinya Fakultas Teknik Universitas Pakuan di mulai  dengan adanya lokakarya Pendidikan Fakultas Teknik, yang diprakarsai oleh para pakar pendidikan teknik dari UI, ITB, UGM, dan IPB, yang diselenggarakan pada tanggal 21 - 23 April 1980, di Cisarua Bogor. Pada tahun 1981 Fakultas Teknik Universitas Pakuan resmi berdiri dengan 4 (empat) Program Studi, yaitu : Program Studi Geoteknik, Program Studi Planologi, Program Studi Teknik Sipil, dan Program Studi Teknik Elektro. Kemudian pada tahun 1983, Program Studi Geoteknik dipecah menjadi dua program studi, yaitu : Program Studi Teknik Geodesi dan Program Studi Teknik Geologi. Pada tahun 1999, Program Studi Planologi diganti menjadi Perencanaan Wilayah & Kota (PWK). Sehingga hingga saat ini Fakultas Teknik, Universitas Pakuan, terdiri dari 5 (lima)  program studi.

Perkembangan s/d tahun 2014

Dengan sistem pendidikan yang baru diperguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, maka pengakuan terhadap jalannya  pendidikan  perguruan tinggi tersebut telah diubah menjadi sistem Akreditasi Nasional. Penilaian akreditasi tersebut didasarkan pada Keputusan Mendikbud No. 187/U/1998, tentang "Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi" dan No. 188/U/1998, tentang "Akreditasi Program Studi Pada Perguruan Tinggi Untuk Program Sarjana".  Dan Kepmendiknas Nomor 064/P/2006 Tentang  Pengangkatan Anggota Badan Akreditasi  Nasional Perguruan Tinggi .

Dari hasil pengisian dan penilaian Borang Akreditasi program studi : Teknik Elektro, berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 038 / BAN - PT / Ak-XIII / S-1/I /2011, tentang "Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi untuk Program Sarjana di Perguruan Tinggi", pada tanggal 14 Januari 2011, untuk ketiga program studi tersebut dinyatakan "TERAKREDITASI" sehingga dapat melaksanakan secara mandiri jalannya pendidikan program studi tersebut. Sedangkan untuk progran studi Teknik Geodesi telah "TERAKREDITASI" berdasar SK No. 020/BAN-PT/Ak-XIII/S1//X/2010 Tanggal  8 Oktober  2010. Untuk program studi Teknik Geologi, dinyatakan “TERAKREDITASI” berdasarkan SK No. 022/ BAN-PT/ Ak-XIII/S1/X/2000, tanggal 22 Oktober 2010. Serta untuk yang kedua kalinya Program Studi Teknik Sipil dan Perencanaan Wilayah dan Kota  dinyatakan  “TERAKREDITASI” berdasarkan SK No. 023/BAN/PT/Ak-XIII/S1/X/2010, tanggal 29 Oktober 2010.

Latar Belakang

Latar belakang pendirian fakultas teknik tidak terlepas dari rencana pendirian Universitas Pakuan, sehubungan dengan keikutsertaan di dalam membantu pemerintah untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa pada umumnya dan di Jawa Barat pada khususnya. Pendirian fakultas teknik Unpak antara lain didasarkan atas minimnya sarana pendidikan keteknikan di kota Bogor . Dengan pesatnya ilmu pengetahuan dan keteknikan serta kebutuhan akan sarjana teknik pada akhir abad 20 dan memasuki abad 21, maka sangat tepat sekali keberadaan Fakultas Teknik Unpak di kota  Bogor  sebagai kota  pendidikan.

Tujuan Pendidikan

Program Strata - 1 (S1), Fakultas Teknik Universitas Pakuan bertujuan untuk menghasilkan lulusan sarjana teknik (S.T) yang berkualitas sebagai berikut :

1.  Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi

2.  Bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan kemajuan ilmu dan teknologi serta masalah yang berkaitan dengan bidang keahliannya

3.  Mempunyai kemampuan menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi yang dimiliki dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat

4.  Menjadi tenaga ahli yang mampu mandiri  dan berkarakter.

Program Studi

Peraturan Pemerintah Nomor 57 /1998 sebagai perbaikan Peraturan Pemerintah Nomor 30/1990  tentang Pendidikan Tinggi menetapkan keberadaan program studi sebagai unsur pelaksana akademik pada fakultas yang melaksanakan pendidikan akademik dan/atau profesional dalam sebagian atau keseluruhan dari suatu cabang ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau  kesenian.

Sesuai dengan arah pendidikan pada program sarjana Fakultas Teknik, Universitas Pakuan, saat ini memiliki 5 program studi dengan status berbeda-beda tergantung pada sejarah dan perkembangannya masing-masing.

Program Studi di Lingkungan Fakultas Teknik

No.

Program Studi

Tahun Dibuka

Status

1

Teknik Geodesi

1983

Terakreditasi - C

2

Perencanaan Wilayah dan Kota

1981

Terakreditasi - B

3

Teknik Sipil

1981

Terakreditasi - B

4

Teknik Elektro

1981

Terakreditasi - B

5

Teknik Geologi

1983

Terakreditasi - C

(Teknik 2015)



Copyright @ FT UNPAK 2014 Developed by FT UNPAK