Sabtu, 26 September 2020
Selamat Datang Mahasiswa Baru Fakultas Teknik TA 2019-2020
Berita
INTERNATIONAL TRAINING COURSES HYDRAULIC ENGINEERING DYNAMIC MONITORING TECHNOLOGY DI PEARL RIVER HYDRAULIC RESEARCH INSTITUTE, GUANGZHOU, PEOPLE’S REPUBLIC OF CHINA
Ditulis oleh admin pada 11-11-2017

Pada bulan September 2017, dosen Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Pakuan, Wahyu Gendam Prakoso, STp., M.Si. mendapatkan bea siswa untuk mengikuti “International Training Courses Hydraulic Dynamic Monitoring Technology” di Guangzhou, Provinsi Guangdong, Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Kegiatan ini disponsori oleh : Department of International Commission Cooperation Science & Technology, Ministry of Water Resources, China.

Program pemberian beasiswa pelatihan teknis internasional ini dilakukan sebagai bentuk kerjasama antara Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (People’s Republic of China) dengan Pemerintah Republik Indonesia melalui Biro Kerjasama luar negeri Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia.

Peserta pelatihan berasal dari beberapa negara yaitu : Indonesia, Pakistan, Iran, Mesir, Philipina, Azerbaijan, Kazakhstan, Vietnam dan China. Peserta umumnya berasal dari Universitas dan lembaga riset. Beberapa Universitas yang mengirimkan peserta :

  1. Universitas Pakuan, Indonesia
  2. Azad University, Iran
  3. Sahid Madani University, Azerbaizan
  4. Water Resource University, Vietnam
  5. Lahore University, Pakistan
  6. Jinan Univeristy of South China, China
  7. Siemens Egypt Research Departement, Mesir

ProgramPelatihan dilaksanakan selama 14 Hari ( 11 September 2017 s.d 25 September 2017) dimana secara garis besar kegiatan pelatihan terdiri dari :

  • Kuliah dari Universitas partner ( Sun Yat Sen University dan Jinan University)
  • Kuliah dari Peneliti di Pearl Water Hydraulic Research Institute
  • Kunjungan dan pengenalan penelitian di Scientific Resarch Base
  • Kunjungan ke fasilitas Research desain dan Fabrikasi Peralatan Monitoring Sungai, Keamanan Bendungan, serta pemantauan Sedimen
  • Kunjungan Lapangan ke lokasi proyek dan hasil inovasi yang telah dilakukan oleh Pearl River Water Resource Commison

Pelatihan memberikan manfaat kepada peserta pelatihan sebagai berikut  :

  1. Memberikan tambahan pengetahuan dan teknologi terkini dalam bidang pemantauan sungai, keamanan bendungan serta penerapan konsep ekohidrolika dalam pembangunan sungai.
  2. Memberikan pengetahuan mengenai pembuatan dan penelitian model fisik bangunan air
  3. Memberikan pengetahuan mengenai penerapan model Xi’an ( Rainfall – Run Off Model) dengan menggunakan hasil pengamatan menggunakan satelit pemantauan cuaca dan hidrologi milik China ( Gaofen-1)
  4. Menambah pengetahuan dan teknologi terkini dalam rancang bangun serta implementasi peralatan pemantauan dinamik untuk pengendalian bajir dan sedimen sungai
  5. Memberikan pengetahuan baru tentang konsep pembanguna estuary dan lahan reklamasi reta pembangunan skala besar pada wilayah esturay contoh kasus pembuatan Hongkong- Zhuhai- Macao Bridge
  6. Memberikan Pengetahuan baru mengenai inovasi terbaru dibidang pembangkit listrik tipe head rendah
  7. Memberikan kesempatan untuk penjajakan kerjasama penelitian antar universitas dan lembaga riset di China
  8. Memberikan kesempatan pada peserta untuk berdiskusi, dan memaparkan kondisi Pengembangan sumberdaya air dan perkembangan teknologi yang relevan. ( catatan : materi yang dipaparkan dilampirkan dalam laporan ini ).

Sebagai tindak lanjut kegiatan pelatihan, akan dilakukan penjajakan lebih lanjut mengenai penelitian pemantauan sungai dengan sedimen tinggi di Indonesia.



INTERNATIONAL TRAINING COURSES HYDRAULIC ENGINEERING
Sambutan Dekan

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Fakultas Teknik – Universitas Pakuan didirikan pada tahun 1981, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang terjangkau masyarakat tetapi tetap menjaga ...

Informasi



Copyright @ FT UNPAK 2014 Developed by FT UNPAK