Selasa, 19 Maret 2019
Selamat Datang di Website Fakultas Teknik Univesitas Pakuan. Tahun Akademik 2019/2020
Berita
INISIASI KERJASAMA RISET DI BIDANG TEKNOLOGI KONSTRUKSI BANGUNAN TRANSPORTASI AIR ANTARA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAKUAN DENGAN TIANJIN RESEARCH INSTITUTE FOR WATER TRANSPORT ENGINEERING
Ditulis oleh Admin pada 07-01-2019

Indonesia sebagai negara maritim yang memiliki visi sebagai poros maritim di dunia memerlukan konektivitas transportasi air yang baik. Untuk mewujudkan hal tersebut penguasaan teknologi konstruksi bangunan transportasi air seperti pelabuhan, water way, jetty, dan konstruksi pendukung lain menjadi komponen yang esensial.

Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia berkerjasama dengan Kementerian Riset dan Teknologi Republik Rakyat Tiongkok menyelenggarakan berbagai program dalam bidang peningkatan kualitas sumberdaya manusia, penelitian, dan rancang bangun pada berbagai bidang teknologi salah satunya adalah teknologi maritim. Sebagai implementasi program kerjasama tersebut telah diberikan beasiswa training kepada Wahyu Gendam Prakoso, STP, M.Si  (dosen pada program studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Pakuan) untuk mengikuti International  Training and Workshop on Port and Waterway Construction for ASEAN Countries di Tianjin Research Institute for Water Transport Engineering yang diselenggarakan 10 Oktober 2018 sampai dengan 30 Oktober 2018 di Tianjin, Republik Rakyat Tiongkok.

Tianjin Research Institute for Water Transport Engineering (TIWTE), Kementerian Transpor Republik Rakyat Tiongkok merupakan Lembaga riset bidang teknologi konstruksi maritime terkemuka. Hasil risetnya telah banyak digunakan diberbagai konstruksi maritim penting, baik di tiongkok maupun di dunia internasional. Salah satu karya monumental yang dihasilkan adalah turut merancang teknologi kunci dalam pembangunan jembatan terpanjang di dunia saat ini yakni jembatan Zhuhai Macao.

 Di Indonesia TIWTE turut melakukan penelitian, rancang bangun berbagai fasilitas transportasi laut dan perlindungan pantai khususnya pada proyek PLTU misalnya PLTU Adipala, PLTU Meulaboh, dan PLTU Pelabuhan Ratu. Pengembangan teknologi di Indonesia memerlukan dukungan dan kerjasama antar pihak. Oleh karenanya sehubungan dengan hal tersebut pada tanggal 10 Desember 2018 telah dilakukan kunjungan dalam rangka inisiasi kerjasama teknik dan penelitian TIWTE ke Fakultas Teknik Universitas Pakuan. Rombongan TIWTE diterima oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Pakuan Ir. Singgih Irianto Trisilohadi, M.Si yang didampingi oleh jajaran dekanat Fakultas Teknik di Gedung Graha Pakuan Siliwangi Lantai 8. Pada kesempatan tersebut Prof. Chen Han Bao, PhD selaku Chief Engineer TIWTE menyampaikan bahwa Universitas Pakuan khususnya Fakultas Teknik akan menjadi mitra strategis pada Pengembangan teknologi maritime pada masa mendatang. Rencana implementasi kerjasama meliputi joint research, pertukaran peneliti, pelatihan, serta kuliah tamu dan kuliah umum. 




Sambutan Dekan

Terima kasih telah mengunjungi website kami.

Fakultas Teknik – Universitas Pakuan didirikan pada tahun 1981, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang terjangkau masyarakat tetapi tetap menjaga ...

Informasi



Copyright @ FT UNPAK 2014 Developed by FT UNPAK