enid
Email
ft@unpak.ac.id
Telepon
0251-8312206

SEJARAH

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PAKUAN

SEJARAH

Sejarah berdirinya Fakultas Teknik Universitas Pakuan dimulai dengan adanya lokakarya Pendidikan Fakultas Teknik, yang diprakarsai oleh para pakar pendidikan teknik dari UI, ITB, UGM, dan IPB, yang diselenggarakan pada tanggal 21 - 23 April 1980, di Cisarua Bogor.

Pada tahun 1981 Fakultas Teknik Universitas Pakuan resmi berdiri dengan 4 (empat) Program Studi, yaitu: Program Studi Geoteknik, Program Studi Planologi, Program Studi Teknik Sipil, dan Program Studi Teknik Elektro.

Kemudian pada tahun 1983, Program Studi Geoteknik dipecah menjadi dua program studi, yaitu: Program Studi Teknik Geodesi dan Program Studi Teknik Geologi. Pada tahun 1999, Program Studi Planologi diganti menjadi Perencanaan Wilayah & Kota (PWK). Sehingga hingga saat ini Fakultas Teknik, Universitas Pakuan, terdiri dari 5 (lima) program studi.


LATAR BELAKANG

Latar belakang pendirian Fakultas Teknik tidak terlepas dari rencana pendirian Universitas Pakuan, sehubungan dengan keikutsertaan dalam membantu pemerintah untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa pada umumnya dan di Jawa Barat pada khususnya.

Pendirian Fakultas Teknik Universitas Pakuan antara lain didasarkan atas minimnya sarana pendidikan keteknikan di Kota Bogor. Dengan pesatnya ilmu pengetahuan dan keteknikan serta kebutuhan akan sarjana teknik pada akhir abad 20 dan memasuki abad 21, maka sangat tepat sekali keberadaan Fakultas Teknik Unpak di Kota Bogor sebagai kota pendidikan.

© Fakultas Teknik Universitas Pakuan
Jl. Pakuan, Tegallega. Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Jawa Barat 16143